PERLU MEMBANGUN DUKUNGAN FINANSIAL

Salah satu kendala bagi kemajuan politik perempuan di Indonesia adalah lemahnya dukungan finansial bagi perempuan. Politik membutuhkan dukungan finansial yang signifikan. Semangat politik saja tidak cukup, dukungan finansial ikut menentukan keberhasilan perempuan dalam politik.

Kemandirian finansial sangat penting dalam kiprah politik.Kalau hanya mengandalkan sepenuhnya kepada ketentuan undang-undang, perempuan tidak bisa naik. Pengalaman menunjukkan bahwa dalam Pemilu 2004 sekalipun kebijakan negara telah memberikan affirmative action pada perempuan dalam politik, tetapi affirmative action itu hampir tidak ada artinya.

Berbicara tentang finansial, kita masuk ke ranah ekonomi. Masalah utama bangsa Indonesia dewasa ini di bidang ekonomi adalah masalah kemiskinan. Makin hari, penduduk miskin makin bertambah jumlahnya, karena masyarakat yang tidak dapat bertahan dari tekanan ekonomi yang ditimbulkan oleh kenaikan harga komoditas, terutama pangan. Banyak pihak berteriak agar kemiskinan dihapuskan. Dan tidak kurang berbagai program penghapusan kemiskinan muncul silih berganti,yang mutahkir adalah BLT ( Bayar Langsung Tunai ). Namun kemiskinan tidak mau menghindar dari negeri ini .

Kemiskinan merupakan masalah yang kompleks, sehingga tidak mungkin ditangani secara sektoral dengan hanya mengurusi korban kelaparan dengan memberikan makan untuk sesaat dengan BLT. Kalau begitu bagaimana mendekati hal ini? Pendekatan budaya? . Budaya Indonesia adalah budaya nrimo, budaya mengalah bukan budaya bersaing. Sedangkan kita sedang hidup dalam dalam sistem pasar dengan budaya pasar yang membutuhkan kegigihan dan ketekunan.

Hal penting dalam sistem pasar adalah kapital (modal) . Kapital itu memiliki logikanya sendiri, yaitu akan bergerak ketempat yang menguntungkan. Dalam era globalisasi ini Indonesia merupakan medan pertempuran ekonomi. Globalisasi telah menggerus ekonomi nasional. Pasar kapitalis global telah memasuki ranah kehidupan personal dan sosial. Suka duka dan makan minum kita berada dalam radius kinerja pasar kapitalis.

Dalam kondisi demikian, mungkinkah perempuan memiliki dukungan finansial dalam politik ?. Mungkin kah perempuan dapat membangun dukungan finansialnya dengan mengembangkan usaha ekonomi ?

Bila penduduk miskin makin bertambah jumlahnya, dan penduduk Indonesia sebagaian besar adalah perempuan, maka penduduk miskin itu sebagian besar adalah perempuan. Dalam kondisi miskin, bagaimana perempuan bisa maju dalam politik ?. Politik membutuhkan dukungan finansial yang signifikan. Dukungan finansial menentukan keberhasilan perempuan dalam politik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s