diskriminasi hukum

DISKRIMINASI     HUKUM

Belanda pada zaman penjajahan dahulu, melakukan tidak saja politik adu domba, tetapi juga melakukan diskriminasi social yang sangat  tajam. Warga masyarakat dalam  Pemerintahan India Belanda ini (Indonesia)   dibagi dalam empat kelas . Warga kelas  satu adalah orang-orang  Eropah, warga kelas 2 adalah golongan  Indo,  Warga kelas tiga adalah  Golongan  Cina dan Arab, sedangkan golongan pribumi adalah warga kelas empat.

Golongan pribumi sebagai warga kelas empat mengalami diskriminasi  kolonial, mencakup bidang hukum, ekonomi,  social, agama dan kebudayaan. Di bidang hukum, diskriminasi dalam pemberian sanksi dan hukuman terhadap golongan pribumi  sangat keras dan kejam. Pesakitan golongan pribumi menerima hukuman yang sangat parah, yaitu dicebloskan ke dalam  penjara  bawah tanah yang  sangat rendah, sehingga sepanjang waktu pesakitan harus membungkuk sementara kaki dirantai  yang diujungnya terdapat bola besi yang besar. Sementara  pesakitan pribumi disiksa demikian parah, golongan lainnya mendapat hak-hak istimewa dipenjara   .

Diskriminasi kolonial terhadap bangsa ini di masa lalu menggugah kembali ingatan social,  ketika  media massa memberitakan bahwa ada nara pidana yang diperlakukan secara sangat istimewa dalam  sel nya.   Artalyta, penyuap Jaksa Urip Tri Gunawan yang ditahan di Rutan Pondok bambu, mendapat ruangan luas, (6×6 meter) dan dapat menikmati fasilitas mewah seperti orang-orang kaya di luar penjara.

Kenyataan objektif ini menyadarkan kita   bahwa  masih ada diskriminasi  hukum di negeri ini. Ketentuan hukum  sama untuk semua, tetapi pelaksanaannya masih ada  diskriminasi. Diskriminasi hukum dalam kasus Artalyta  memperlihatkan  paralelisme historis antara masa penjajahan dan masa merdeka sekarang ini.

Hukum adalah sendi moral, hukum tidak tegak, moralpun rusak. Bila masyarakat tidak percaya hukum,anarkhisme  merajalela.

Jakarta, 16 Januari 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s