kerusakan budaya yg dilakukan ORBA telah menjadi malapetaka

Kasus Bank Century, Markus Pajak, Markus Pengadilan, menunjukan bahwa dekadensi moral di negeri ini sudah demikian parah. Krisis  moral  dan etika yang berakar dari krisis budaya semakin berat.  Hati nurani yang dicahayai oleh Tuhan telah  diabaikan. Sikap dan perilaku  yang melanggar  moral dan  etika dianggap hal yang biasa.   Praktik suap dan  korupsi yang menghambat terciptanya clean governance terus menggurita.

Ideologi pembangunan yang pernah  ditumbuhkan Orba telah mengakibatkan  Kerusakan budaya dan kini  menjadi malapetaka bagi bangsa Indonesia. Orba telah mewariskan gaya hidup mewah pada para pejabat. Pada era Orba para pejabat dimanjakan. Pejabat diperbolehkan melakukan apapun asal  loyal pada kekuasaan.  Bahkan pejabat yang loyal pada penguasa dimanjakan dengan materi, sehingga mereka terbiasa dengan hidup mewah. Suap dan korupsi disebabkan oleh gaya hidup mewah para pejabat. Komplikasi krisis dan parahnya kerusakan budaya bangsa tidak dapat dibenahi dalam waktu singkat.

Kerusakan  budaya  seperti ini sungguh memprihatinkan. Hal ini  tidak hanya menganggu  integritas, efektifitas dan profesionalitas penyelenggara Negara tapi ikut mempengaruhi perilaku umum. Sehingga dapat dikatakan bahwa gagalnya bangsa ini meningkatkan kesejahteraan nya disebabkan oleh  praktek suap dan korupsi yang terjadi  hampir di semua lini kekuasaan.

Saatnya kini harus  menuju Indonesia yang beretika  dan bermoral dalam penyelenggaraan Negara. Untuk itu, perlu upaya untuk merubah dan memperbaharui mind set dan cultural set menuju perbaikan yang harus dilakukan secara konsepsional, sistematis dan komprehensif. Proses perubahan mind set dan cultural set diharapkan dapat mendorong perilaku agar  menegakkan norma dan etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s