KARAKTER POLITISI

Suap menjadi praktek yang melekat dengan kekuasan  di negeri ini. Banyak pejabat di berbagai instansi telah  dipidana tetapi suap tidak juga hilang. Di lembaga legislative tempat dimana politisi bernaung juga tidak urung terjadi suap dan korupsi. Ada beberapa anggota DPR RI yang telah terpidana korupsi.

Memahami karakter politisi, ada 3 karakter politisi yang mengisi institusi legislatif kita, yaitu :

1) Politisi spritualis

Politisi spritualis ini  tidak memiliki kepentingan dominan, takut sama Tuhan,

mendahulukan kepentingan orang banyak dan   tidak mau korupsi.

Bagi politisi spiritual, politik adalah panggilan hidup dan bagian dari dedikasi.

2) Politisi rasional

Politisi rasional ini tidak mau korupsi, karena sadar bahwa korupsi akan menjatuhkan Negara. Korupsi adalah kanker dalam tubuh bangsa. Korupsi melanggar hukum.

3) Politisi  materialis

Politisi materialis, menggunakan kekuasaan untuk mengumpulkan materi dan bersikap transaksional.untuk itu dia tidak segan-segan melakukan tindak korupsi  .

Dari Pemilu ke Pemilu rakyat mengharapkan hadir politisi spiritual dan politisi rasional untuk menggeser  politisi materialis . Janganlah lagi  Negara diurus oleh politisi materialis dominan.Politisi materialis adalah pencuri uang negara. Kita harapkan hadir politisi spritualis. Politisi spritualis dapat melakukan pencerahan politik, pencerahan ekonomi dan pencerahan moral kepada masyarakat.

Disamping itu, politik kita sekarang ini adalah politik berbasis konstituen. Politik ini akan mengarah kepada system distrik murni, dimana satu calon akan memiliki dapilnya sendiri. Politik berbasis partai seperti selama ini, dapat bersifat oligarki. Dalam politik berbasis konstituen, politik harus dilihat sebagai panggilan hidup tidak dapat hanya dilihat sebagai karir, karena komunikasi dan sambung rasa perlu dilakukan dengan konstituen secara intensif. Dalam politik berbasis konstituen tidak bisa lagi anggota legislatifnya hidup di menara gading, karena takut diganggu konstituennya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s