BILA TINGKAT KEMISKINAN SUATU NEGARA LEBIH DARI 10 %, BERARTI NEGARA SALAH URUS

Indonesia dikategorikan sebagai negara yang termasuk berpenghasilan menengah, tetapi proporsi penduduk yang berpenghasilan kurang dari 2 dollar AS perhari sama dengan negara yang berpenghasilan rendah seperti Vitnam. Dengan tolok ukur penghasilan 2 dollar AS per hari, maka berbagai studi di Indonesia menemukan bahwa lebih dari 40 % penduduk Indonesia hidup dibawah garis kemiskinan.

kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakadaan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan,tempat berlindung, pendidikan dan kesehatan (situs wikidea). Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuhan kebutuhan dasar , tidak memiliki akses terhadap pendidikan dan tidak memiliki pekerjaan atau menganggur.

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia mengamanatkan bahwa setiap warganegara berhak mendapatkan kehidupan yang layak dan bermartabat serta terpenuhi kebutuhan dasarnya. Negara berkewajiban untuk menghormati, melindungi dan memenuhi hak-hak dasar warga negara untuk hidup sejahtera lahir dan batin secara terencana, terarah dan berkelanjutan.

Di berbagai daerah di Indonesia ditemukan rumah tangga sangat miskin.Tinggal dirumah yang tidak layak huni, bahan makanan adalah nasi aking (nasi sisa dijemur dan ditanak kembali) dan tidak ada akses untuk pendidikan dan kesehatan. Kemiskinan seperti ini ada yang telah berlangsung sejak lama tanpa dapat kepedulian dan bantuan.

Masalah kemiskinan di Indonesia sangat kompleks dan akibatnyapun juga kompleks. Berakar dari kemiskinan muncul masalah-masalah lain yang memprihatinkan, seperti kelaparan, kurang gizi, kematian bayi, pelacuran dan perdagangan manusia. Karena kesulitan ekonomi di Indonesia ada yang melacurkan diri dan ada memperdagangkan manusia.

Penanggulangan kemiskinan di Indonesia harus dikeroyok secara bersama-sama agar kemiskinan dapat dikurangi. Kemiskinan yang menakutkan ini dengan jumlah yang memprihatin bertentangan dengan HAM dan dapat diartikan sebagai “negara salah urus “.

tag: tabitaskincare

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s