PEREMPUAN DALAM PEMILU

Setiap putaran lima tahun Pemilu di Indonesia, harapan akan meningkatnya keterwakilan perempuan di lembaga legislative ikut mencuat. Hasil  Pemilu 2009 , ternyata tidak sesuai dengan harapan, Kuota 30%  perempuan tidak tercapai. Perempuan Indonesia yang katanya lebih dari 50% penduduk Indonesia hanya diwakili hanya 18,4 % di DPRRI.

Penyelenggaraan  Pemilu 2009 ini membuat banyak pihak merasa kecewa. Tidak saja masalah di DPT (Daftar Pemilih Tetap), kecurangan elektronik sangat menyakitkan. Bagi calon legislative perempuan, system daftar calon 2 laki-laki satu perempuan tidak ada artinya,  karena penetapan calon terpilih ditentukan berdasarkan suara terbanyak.

Dalam menghadapi Pemilu 2014, perempuan harus cepat berbenah diri. Dengan system suara terbanyak, berarti politik di  Indonesia   telah berbasis konstituen. Dalam politik berbasis konstituen perlu melakukan hubungan dengan konstuten secara intensif. Komunikasi dan sambung rasa harus selalu dilakukan.

Dalam rangka meningkatkan keterwakilan perempuan di lembaga legislative, diharapkan muncul suatu lembaga yang merekrut, melatih dan mendukung  kandidat perempuan di seluruh negeri. Karena uang memainkan peran penting dalam kampanye, maka panggung politik tidak dapat terbuka bagi perempuan.Oleh karena itu, peran lembaga untuk mendukung kandidat perempuan ini sangat urgen.

Saat ini telah sangat banyak politisi materialis  di negeri ini.  Politisi materialis adalah politisi yang hanya mementingkan kekuasaan dan materi. Politisi materialis bersifat transaksional sehingga sulit diharapkan untuk melakukan perbaikan terhadap nasib rakyat. Itulah gunanya Pemilu untuk menggeser politisi matrialis ini ke politisi perempuan yang pada kodratnya memiliki sikap-sikap  spiritual yang terarah kepada mencintai, melindungi dan merawat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s